Jumat, 09 Februari 2018

Karnafal

Hello barada,!!
ketemu lagi sama aku di blog kali ini. Pasti kangen ya,?

Di postingan kali ini aku gak akan banyak bicara cuman aku banyakin foto aja.
Sebenernya ini acara udah lama banget di selenggarakan, cuman baru sempet cerita nya sekarang๐Ÿ˜†. Sorry ya gusy, gak maksud buat ngingetin masa lalu kook๐Ÿ˜‡. Bukan tanpa alasan aku posting cerita lama, soallnya aku baru aja scroll galeri akuu, ehh gataunya aku nemu foto tetangga2ku. Yaudah aku masukin ke postinganku ini aja.

Sedikit menoleh ke tahun 2017 lalu tepatnya saat bulan Agustus, gak heran kalo di bulan agustus itu banyak sekali kegiatan-kegiatan yang di selenggarakan di beberapa daerah bahkan di setiap desa maupun kecamatan, mereka punya caranya tersendiri untuk merayakan 17 agustus. Bahkan ada yang merayakan nya dengan sangat meriahh dan setiap warganya juga harus ikut berpartisipasi di dalam acara tersebut.

Gak kalah ketinggalan desa ku juga ikut memeriahkan bulan dimana indonesia sudah merdeka  dimasanya, hingga saat ini juga kemenangan tersebut dirasakan oleh masyarakat. Dari tahun ketahun perayaannya semakin meriah dan tentunya tidak membosankan.





Di Desa karangtalun Kras kediri contohnya, di desaku tersebut banyak sekali perlombaan2 yang di adakan salah satunya karnafal desa memperingati hari 17 Agustus 2017, meskipun acaranya tidak di selenggarakan tepat pada tanggal 17 agustus tetapi kemeriahan nya masih dapat di rasakan. Acara tersebut di selenggarakan pada tanggal 22 Agustus 2017 hari minggu dan di lanjutkan loba2 lainnya di hari berikutnya.


Karnafal desa harus di ikuti oleh setiap RT, setiap RT di haruskan mengeluarkan pleton barisan minimal 1 pleton.
Maka dari itu, persiapan sudah di lakukan dari jauh2 hari. 
Untuk RT ku sendiri sudah di persiapkan dari dua minggu sebelumnya, mulai dari menghafalkan yel2, latihan berbaris ala emak2, hingga menghias kendaraan.





Antusias tetanggaku patut di acungi jempoll, kebersamaan dan kerukunan masyarakatnya yang gak kalah dari RT RT lain, bahhkan di tahun tahun sebelumnya RT ku yang selalu memegang juara pertama๐Ÿ˜‚. 
Itu semua gak lepas dari kerjasama dari lingkungan yang kompak.




Saat ituu warga sudah melakukan berbagai persiapan jelang karnafal desa, mulai dari pagi semua sudah bersiap siap karena arak2 an di mulai saat matahari berada di atas kepala yaitu pukul 12 lebih sedikit.
Ibu2, anak2 dan lainnya sudah pergi kesalon untuk di paes yang aneh2๐Ÿ˜‚.





Saat pukul 01.00 peserta karnafal nomr satu sudah mulai berjalan. Dan di susul oleh nomor berikutnya. Kebetulan RT ku mendapat urutan tengahh. 
Saat barisan mulai berjalan semangat warganya sangat bisa di lihat. Mereka menyanyikan yel2 yang sudah di persiapkan jauh2 hari.







Untuk RT ku sendiri mengeluarkan beberapa barisan yang terdiri dari barisan anak2 yang ada di depan, lalu di susul dengan mobil yang di hias sedemikian rupa, lalu berikutnya barisan ku yang terdiri dari 10 cewe cewe semua memakai kostum ala apache2, lalu tumpeng sayuran lumayan besar yang di pikul, di di belakang barisan di susul dengan barisan ibu2 memakai kebaya seperti mbok jamu, dan barisan terakhir di isi oleh bapak2 yang membawa sepedha ontel.













Kami berjalan sekitar 2 km jauhnya, jarak yang di tempuh mulai dari start lapangan desa hingga finish rumah bpk kepala desa yang kebetulan tempat tinggalnya satu RT dengan ku. Jarak yang di tempuh cukup jauh namun tidak sedikit terlihat dari wajah tetangga2 ku yang lelahh. Mereka bersemangat untuk merebutkan juara pertama.







Penilaiannya sendiri di lakukan saat di pertengahan perjalanan, terdapat tenda kecil yang di gunakan oleh kepala desa, camat dan pamong2 desa. Nampaknya mereka terhibur dengan penampilan tangga2ku yang sangat konyol. Mereka bergoyang layaknya orang gila yang gak tau malu (termasuk aku) gapapalah ya demi tetangga. Kepala desa yang saat itu duduk di kursi mulai mengikuti irama lagu untuk bergoyang๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Ngakak banget kalo cerita kaya gini.







Setelah itu kami melanjutkan perjalanan, penonton yang sangat banyak dan cuaca yang sangat panas tidak mengurangi semangat2 mereka. Langkah demi langkah goyangan demi goyangan di lakukan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Jijik bangett sebenernya kali suruh goyang, tapi mau gimana lagii kalo gak gitu di marahin sama tetangga.




 Saat pukul setengah 4 , barisan kami baru sampai di Finish. Memang lelah, tapi keseruan dan ke bersamaan dengan tetangga yg sangat aku sukai saat itu. Terlihat di wajah mereka sangat senang gk ada wajah2 lelah. Tua, kuda, anak2 mereka sangat mudah untuk di ajak kompakk.





 Untuk penutupan acranyaa satu RT melakukan ucapan syukur bersama lalu mengelingi tumpeng sayuran yang memang di hasilkan dari hasil kebun sendiri dan makanan olahan ringan yang di produksi oleh tetanggaku. Setelah Itu tumpeng menjadi rebutan warga, mereka berebut untuk memperoleh sesuatu.


Okey guys gitu ceritanyaa. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.
Kebetulan banget saat itu RT ku mendapat juara pertama dan mendapatkan uang tunai. Gak heran jika kami mendapat juara pertama, karena dana yang di keluarkan untuk perlombaan tersebut juga relatif besar,, dananya sendiri tidak di ambil dari khas RT ataupun ada satu orang yang mendanai, melainkan mereka mau menyumbangkan dan mau di ajak iurann untuk membeli kostum yang sama.
Tetapi uang hasil kemenangan tersebut tidak di bagi2 melainkan di gunakan untuk tour.
















Okeyy sekian dulu blog kali ini, nantikan postingan aku berikutnya ya guys. ๐Ÿ˜‰


Stay save and have fun๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pantai Gemah Tulungagung

Hallo guys!!! Selamat malam. Udah lumayan lama gak posting blog, tapi kali ini aku bakal muncul lagi๐Ÿ˜‚.  Untuk menemani malam kalian, kunj...